Wednesday, November 25, 2015

Abang Temple, Berbah, Sleman New Zealand of Yogyakarta

 
Candi Abang (Merah) adalah situs candi yang sebenarnya tinggal tumpukan batu candi yang berwarna merah, karena umumnya sudah terlalu tua dan kurang terawat, situs candi tersebut tertutupi oleh tanah dan rumput hijau. Namun tumpukan itu pun kini menjadi pemandangan landscape yang menarik, menjadi bukit berwarna hijau cerah bak bukit teletubbies ketika Anda berkunjung di musim penghujan. Apabila musim kemarau, situs candi ini menjadi tandus dan tanahnya berwarna kemerahan.
 

Candi Abang berlokasi di desa Jogotirto, kecamatan Berbah, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk mencapai candi tersebut, bisa mencari Jalan Jogja-Solo, tepatnya di Prambanan. Begitu Sampai di Terminal Prambanan, cari Jalan Raya Jogja-Piyungan Km 8.
T empat yang lapang dengan rumput yang hijau menjadikan tempat ini sebagai tempat menggembalakan domba. Banyak domba-domba yang merumput di sekitaran candi dan menyebabkan tempat ini menjadi semakin mirip di New Zealand. Lokasi candi ini juga termasuk di tempat yang tinggi, yaitu di atas bukit sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan daerah Sleman dari bukit sekaligus gagahnya Gunung Merapi yang nampak terlihat jelas melalui bukit di candi ini. Kebanyakan candi memang dibangun di atas bukit karena pada masa lalu tempat yang lebih tinggi dianggap sebagai tempat yang suci (tempat tinggalnya dewa-dewi).

No comments:

Post a Comment